Strengthening Inclusive Education: Collaborative Efforts of Undiknas and AMI School to Achieve SDGs
Denpasar – Dalam upaya memperkuat pendidikan inklusif dan memberikan peluang belajar bagi semua kalangan, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) telah melakukan penjajakan kerjasama dengan AMI School. Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memperluas cakupan kolaborasi di bidang pendidikan antara kedua lembaga.(4/9/2025
Penjajakan ini diawali dengan kunjungan lapangan oleh Tim FIK Undiknas ke AMI School, yang berlangsung sebagai tindak lanjut dari kegiatan Bulan Psikologi sebelumnya. Pada kegiatan tersebut, dosen-dosen FIK telah aktif terlibat, dalam membuka peluang kerjasama yang lebih mendalam bersama AMI School. Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara kedua pihak mengenai bentuk dan tujuan dari kolaborasi yang akan dilakukan ke depannya.
Lebih lanjut, proses penjajakan ini direncanakan akan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Undiknas dan AMI School. Saat ini, kedua pihak tengah menunggu jadwal yang sesuai untuk mengadakan acara penandatanganan tersebut.
Kerjasama ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya Tujuan 4 yang bertujuan untuk “Memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.” Target dalam tujuan ini menekankan pentingnya menghilangkan kesenjangan gender dalam pendidikan dan memastikan akses yang setara ke semua tingkatan pendidikan dan pelatihan vokasional bagi kelompok rentan, termasuk penyandang disabilitas, masyarakat adat, dan anak-anak dalam situasi rentan.
Melalui kolaborasi ini, Undiknas dan AMI School berkomitmen untuk mengembangkan program-program yang mendukung pendidikan inklusif, sehingga semakin banyak individu dari berbagai latar belakang dapat merasakan manfaat pendidikan berkualitas. Dengan demikian, kerjasama ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif bagi kedua lembaga, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian target SDGs di bidang pendidikan.